Tampang

AS Diam-diam Kumpulkan Jenderal Israel-Negara Arab saat Agresi di Gaza

16 Jun 2024 16:01 wib. 37
0 0
AS Diam-diam Kumpulkan Jenderal Israel-Negara Arab saat Agresi di Gaza
Sumber foto: google

Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah diam-diam mengumpulkan jenderal militer Israel dan sejumlah negara Arab di Bahrain pekan ini, ketika agresi Israel di Jalur Gaza Palestina masih berlangsung. Axios melaporkan bahwa dua sumbernya telah memaparkan bahwa pertemuan diam-diam ini berlangsung di bawah naungan langsung Komando Pusat AS (CENTCOM).

Pertemuan para jenderal ini dikabarkan berlangsung untuk membahas kerja sama keamanan regional, namun belum diumumkan secara terbuka kepada publik karena sensitivitas regional seputar perang di Gaza. Panglima militer Israel, Jenderal Herzi Halevi, serta Jenderal AS Michel "Erik" Kurilla dilaporkan ikut serta dalam pertemuan itu. Jenderal senior dari Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Yordania, Mesir, hingga Arab Saudi juga dilaporkan hadir dalam pertemuan di Manama.

Axios menilai bahwa pertemuan ini merupakan sinyal bahwa dialog dan kerja sama militer serta negara-negara Arab terus berlanjut di bawah naungan CENTCOM. Meskipun kebanyakan negara Arab membatasi bahkan memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina yang masih terjajah, pertemuan ini menunjukkan adanya pembicaraan yang berlangsung di luar pandangan publik.

Militer Israel menolak berkomentar terkait pertemuan ini, sementara CENTCOM juga belum memberikan tanggapan terkait pertanyaan tentang pertemuan di Manama. CENTCOM memang getol memperkuat kerja sama pertahanan udara dan rudal di Kawasan Timur Tengah selama beberapa tahun terakhir. 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%