Tampang

ADOR Membuktikan Keaslian Lagu Bubble Gum NewJeans

23 Jul 2024 20:53 wib. 126
0 0
ADOR Membuktikan Keaslian Lagu Bubble Gum NewJeans
Sumber foto: google

ADOR membantah tuduhan yang menyatakan lagu terbaru NewJeans, Bubble Gum, adalah hasil jiplak Easier Said Than Done dari band Inggris Shakatak. ADOR memberikan penjelasan yang membuktikan keaslian lagu Bubble Gum, mengungkap perbedaan progresi akord, bpm, alur, dan keseluruhan suasananya.

Menurut ADOR, Bubble Gum dan Easier Said Than Done memiliki progresi akord yang berbeda (D Major9 x2-C# Minor7-F# Minor7), serta penguraian alur dan suasana lagu yang berbeda juga. Melalui unggahan di Instagram pada Selasa (23/7), ADOR menjelaskan bahwa tuduhan penjiplakan tersebut merupakan hal yang sebetulnya sederhana, tetapi bisa menjadi kompleks jika ditelusuri lebih jauh.

Agensi NewJeans mengklaim sudah memastikan bahwa penulis lagu tidak melakukan plagiarisme untuk lagu Bubble Gum. Mereka membeberkan bukti-bukti yang mendukung keaslian lagu tersebut, salah satunya adalah perbedaan progresi akord antara kedua lagu tersebut.

Pendapat ADOR juga didukung dengan contoh alunan melodi kedua lagu yang diklaim mirip. Bahkan, melodi tersebut telah lama digunakan dalam musik pop, bahkan sebelum Easier Said Than Done dirilis. ADOR menegaskan bahwa klaim penjiplakan seperti itu sulit untuk diperdebatkan karena melodi tersebut sudah umum digunakan dalam industri musik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

7 Tips Olahraga Lari Bagi Pemula
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jul 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.