Tampang

9 Negara yang Terancam Hilang Akibat Perubahan Iklim

11 Jul 2024 09:31 wib. 93
0 0
9 Negara yang Terancam Hilang Akibat Perubahan Iklim
Sumber foto: google

Perubahan iklim merupakan ancaman nyata bagi dunia, dan bagi negara tertentu, perubahan iklim bahkan bisa menimbulkan bahaya luar biasa, seperti 'melenyapkan' eksistensi negara tersebut.

Kiribati
Republik Kiribati merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Dengan 33 atol atau pulau karang berbentuk gelang yang membentuk Kiribati, negara ini memiliki ancaman utama yaitu kenaikan permukaan laut. Menurut Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, Kiribati memiliki total penduduk 135.799 jiwa per Juli 2023, dan dengan ketinggian pulau yang hanya tiga meter, Kiribati menjadi negara yang paling mungkin hilang akibat naiknya permukaan air laut dalam beberapa tahun mendatang.

Maladewa
Republik Maladewa merupakan negara kepulauan di Asia Selatan, Samudra Hindia, yang juga terancam akibat kenaikan permukaan laut. Dengan total populasi sebanyak 517.801 jiwa dan ketinggian maksimum negara ini hanya 2,3 meter, Maladewa menjadi salah satu negara rentan yang terancam akibat perubahan iklim.

Vanuatu
Republik Vanuatu memiliki banyak faktor risiko seperti kenaikan muka air laut dan tingkat pembentukan siklon yang tinggi. Populasinya mencapai 342.543 jiwa, dan pulau ini juga rentan terhadap bencana alam seperti Topan Pam yang merusak 90 persen bangunan di ibu kota Port Vila.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?