Tampang

10 Fakta Menarik Tentang Kehidupan di Antartika

19 Jul 2024 08:59 wib. 164
0 0
Antartika
Sumber foto: Pinterest

Antartika, benua yang terpencil, dingin, dan misterius, menyimpan berbagai keunikan dalam kehidupan dan ekosistemnya. Sebagai salah satu wilayah paling ekstrem di dunia, Antartika selalu berhasil menarik perhatian para ilmuwan dan peneliti. Berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang kehidupan di Antartika yang patut untuk diketahui:

1. Benua Terdingin, Terkering, dan Tertinggi di Dunia

Antartika adalah benua terdingin dan terkering di dunia. Temperature tertinggi yang pernah tercatat di Antartika hanya mencapai 17.5 derajat Celsius di Pangkalan Es Vanda pada Januari 1974. Sementara itu, temperatur terendah yang pernah tercatat mencapai -89.2 derajat Celsius pada 21 Juli 1983 di Pangkalan Udara Vostok.

2. Habitat Ratusan Spesies

Meskipun kondisinya yang keras, Antartika masih menjadi rumah bagi ratusan spesies tumbuhan dan hewan. Beberapa spesies penguin, seperti penguin kaisar dan Adelie, hanya ditemukan di wilayah ini.

3. Tanpa Penduduk Asli

Berbeda dengan benua lainnya, Antartika tidak memiliki penduduk asli. Di wilayah ini, hanya terdapat peneliti dan ilmuwan yang tinggal sementara untuk melakukan riset dan observasi.

4. Kutub Selatan

Antartika merupakan lokasi Kutub Selatan Bumi. Sebagian besar wilayah ini di tutupi oleh lapisan es yang tebal, sehingga membentuk lanskap yang sangat indah namun juga sangat menantang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?