Tampang

Resep Tekwan dengan Kaldu Ikan Lebih Gurih dan Enak, Masakan Kuliner Indonesia

18 Jun 2024 09:27 wib. 59
0 0
Resep Tekwan dengan Kaldu Ikan Enak
Sumber foto: Google

1. Tulang ikan, 1 kg
2. Jahe, 1 ruas jari
3. Bawang putih, 3 siung
4. Garam, 1 sendok teh
5. Merica bubuk, ½ sendok teh
6. Daun bawang, 2 batang
7. Seledri, 1 batang
8. Bawang merah, 5 siung
9. Penyedap rasa (opsional), ½ sendok teh
10. Air, 2 liter
11. Minyak goreng, 2 sendok makan

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, haluskan ikan tenggiri dengan food processor atau blender. Tambahkan putih telur, tepung sagu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, gula, garam, dan air es. Proses semua bahan hingga adonan tercampur dengan baik.
2. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan minyak wijen dan aduk hingga merata. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil untuk bakso ikan. Rebus bakso dalam air mendidih hingga matang dan mengapung. Setelah itu, angkat bakso dan tiriskan.
3. Selanjutnya, untuk membuat kaldu ikan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan tulang ikan, jahe, garam, merica bubuk, daun bawang, dan seledri. Tumis hingga tulang ikan berubah warna.
4. Setelah itu, tuangkan air dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan kaldu ikan mendidih selama 1-2 jam hingga meresap dengan baik. Tambahkan penyedap rasa jika diinginkan.
5. Terakhir, siapkan mangkuk saji. Masukkan beberapa bakso ikan yang telah matang ke dalam mangkuk. Tuangkan kaldu ikan panas ke dalam mangkuk hingga bakso terendam. Taburi dengan irisan daun bawang sebagai hiasan.

Dengan resep tekwan ini, Anda dapat menikmati hidangan tekwan dengan kaldu ikan yang lebih gurih dan enak langsung di rumah. Nikmati sensasi gurihnya bakso ikan yang lembut di dalam kuah kaldu ikan yang kaya rempah. Selamat mencoba dan menikmati hidangan lezat ini, dan jadikan masakan kuliner Indonesia sebagai bagian dari pengalaman kuliner Anda.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%