Tampang

Resep Pepes Ikan: Kaya Rasa dan Aroma Rempah Diburu Para Komunitas Kuliner Indonesia

10 Jun 2024 14:04 wib. 50
0 0
Resep Membuat Pepes Ikan Enak dan Gurih
Sumber foto: Google

Indonesia merupakan surga bagi para pecinta kuliner. Keanekaragaman rempah-rempah yang melimpah membuat hidangan Indonesia begitu istimewa. Salah satu hidangan khas yang tak pernah absen dari deretan kuliner Indonesia adalah pepes ikan. Dengan paduan rempah-rempah yang kaya, pepes ikan menjadi sajian yang lezat dan khas. Tidak heran jika resep pepes ikan kerap menjadi incaran para komunitas kuliner Indonesia. Mari kita simak lebih dalam mengenai resep pepes ikan, kaya rasa dan aroma rempah yang begitu istimewa.

Resep Pepes Ikan

Pepes ikan merupakan salah satu olahan masakan Indonesia yang terbuat dari ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dipanggang atau dikukus. Proses pemanggangan atau pengukusan inilah yang membuat aroma rempah semakin meresap dalam daging ikan. Langkah pertama dalam membuat pepes ikan adalah memilih ikan yang segar, seperti ikan kerapu, ikan nila, atau ikan kakap. Bersihkan ikan, lalu belah menjadi dua bagian dan lumuri dengan air jeruk nipis atau air asam jawa. Diamkan sejenak agar ikan bisa meresap dengan baik.

Bumbu utama pepes ikan terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan cabai merah. Haluskan semua bumbu tersebut dengan ulekan atau blender. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai yang telah diiris tipis. Tambahkan garam secukupnya dan sedikit gula pasir untuk menyeimbangkan rasa. Kemudian, campurkan bumbu halus dengan potongan ikan dan aduk perlahan agar bumbu merata menyerap ke dalam daging ikan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%