Tampang

Mencicipi Kelezatan Kuliner Khas Betawi di Tengah Hingar-Bingar Kota Jakarta

20 Mei 2024 11:32 wib. 461
0 0
Penjual es selendang mayang
Sumber foto: Pinterest

Di tengah hingar-bingar Kota Jakarta yang sibuk dan penuh dengan kegiatan, makanan khas Betawi menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan maupun penduduk lokal yang ingin menyantap kuliner autentik Jakarta. Makanan khas Jakarta membawa aroma rempah yang khas, cita rasa yang menggugah selera, dan kelezatan yang tak tertandingi. Berikut ini adalah sederet kuliner khas Betawi yang wajib dicicipi bagi siapa pun yang mengunjungi Jakarta.

1. Kerak Telor
Kerak telor adalah makanan khas Betawi yang menjadi ikon kuliner Jakarta. Makanan ini terbuat dari campuran beras ketan, telur, ebi, bawang merah, serundeng, dan bumbu rempah lainnya. Semua bahan tersebut kemudian dipanggang hingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Kerak telor biasanya dijual di pinggir jalan, terutama saat malam hari, dan menjadi favorit para pengunjung untuk disantap sembari menikmati gemerlapnya malam Jakarta.

2. Soto Betawi
Soto Betawi adalah sajian berkuah khas Jakarta yang menggunakan santan sebagai bahan utama kuahnya. Daging sapi merupakan bahan utama dalam soto Betawi, yang kemudian disajikan bersama kentang, tomat, seledri, dan bawang goreng. Ditambah dengan taburan bawang goreng dan perasan jeruk nipis, soto Betawi akan memberikan sensasi berbeda bagi lidah Anda.

3. Selendang Mayang
Selendang mayang merupakan minuman khas Betawi yang terbuat dari campuran sirup merah, gula pasir, dan air kapur sirih, serta ditambahkan es serut untuk memberikan kesegaran. Selendang mayang biasanya dijual oleh para penjual keliling yang menggunakan alat penutup kepala tradisional khas Betawi, yang disebut "selendang". Minuman ini menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan tenggorokan di tengah teriknya cuaca Jakarta.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%