Tampang

Kuliner Khas Lombok Dengan Cita Rasa Lezat dan Nikmat

19 Jul 2022 19:17 wib. 831
0 0
Kuliner Khas Lombok Dengan Cita Rasa Lezat dan Nikmat

Sate tanjung adalah kuliner khas yang berasal dari Pulau Lombok bagian utara. Bahan dasarnya dari daging ikan cakalang segar yang dipotong-potong. Daging itu lalu direndam ke dalam bumbu rempah yang dihaluskan. Setelah itu, daging ditusuk dan dibaluri bumbu lagi untuk selanjutnya dibakar hingga matang. Rasa dari sate ikan tanjung sangat gurih dan teksturnya sangat lembut. Sajian ini banyak ditemui di Pasar Tanjung, Lombok.

  • Aik Kalas

Kuliner berkuah satu ini kerap dihidangkan saat begawe atau hajatan. Isian dari aik kalas berupa daging, daun belimbing, dan bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Kuliner ini kerap dihidangkan dengan bulayak sebagai pengganti nasi. Bulayak adalah kuliner seperti lontong yang dibungkus daun aren. Dalam bahasa Sasak di Lombok, bulayak memiliki arti lontong. Bentuknya memanjang seperti spiral. Bedanya dengan lontong, untuk membukanya, Anda harus memutar bungkusnya bukan mengupasnya.

  • Tum Ayam

Selain terkenal di Bali, tum ayam juga akan banyak ditemukan di Lombok. Tum ayam adalah olahan daging ayam, umumnya tetelan atau bagian kulit, yang kandungan lemaknya lebih sedikit. Bahan tersebut dipotong-potong lalu dibalut dengan daun pisang untuk dikukus. Tum ayam dilengkapi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kencur, terasi, sereh, dan kunyit. Tum ayam sangat nikmat dikonsumsi dengan bulayak.

Itulah beberapa kuliner khas Lombok yang sebaiknya Anda nikmati saat berkunjung ke Pulau Lombok. Dan bagi Anda yang ingin berlibur di Lombok dengan nyaman serta aman dan membutuhkan transportasi, Anda bisa memanfaatkan sewa mobil di Lombok lepas kunci dari GiliTrans Lombok.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?