Tampang

Apakah Anjing Dapat Mengenali Aroma Penyakit Manusia?

19 Apr 2024 07:49 wib. 44
0 0
Apakah Anjing Dapat Mengenali Aroma Penyakit Manusia?

Anjing selalu dikenal memiliki indera penciuman yang luar biasa. Mereka dapat mengendus bau dengan sangat detil dan dapat membedakan aroma yang sangat tipis. Tak heran, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anjing dapat mengenali berbagai aroma, termasuk aroma penyakit pada manusia. Namun, pertanyaannya adalah apakah anjing benar-benar dapat mengenali aroma penyakit pada manusia?

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk menjawab pertanyaan ini, dan hasilnya menarik. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Jerman menemukan bahwa anjing dapat mengenali aroma pada manusia yang terinfeksi virus influenza. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anjing pelacak dapat dengan akurat mengidentifikasi sampel napas dari pasien yang terinfeksi virus influenza.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports juga menunjukkan bahwa anjing dapat mengenali aroma penyakit pada manusia. Penelitian ini menemukan bahwa anjing dilatih untuk mengenali aroma sel kanker manusia dengan akurasi yang luar biasa. Anjing-anjing yang dilibatkan dalam penelitian ini mampu membedakan sampel napas dari pasien kanker paru-paru dengan tingkat keberhasilan yang mencengangkan.

Namun, meskipun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anjing dapat mengenali aroma penyakit pada manusia, masih banyak yang perlu dipelajari tentang bagaimana anjing melakukan hal ini. Beberapa teori mengatakan bahwa anjing dapat merespons perubahan kimia tubuh manusia saat terkena penyakit, seperti perubahan dalam produksi zat kimia tertentu atau kehadiran bakteri dan virus.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?