Tampang

Waspada! Pulsa Terkuras, Hindari Menelepon Balik Missed Call dari Nomor Asing

30 Jun 2024 21:15 wib. 28
0 0
Waspada! Pulsa Terkuras, Hindari Menelepon Balik Missed Call dari Nomor Asing
Sumber foto: iStock

Penipuan wangiri merupakan salah satu modus penipuan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Modus ini membuat orang penasaran untuk menelepon kembali panggilan tak terjawab dari nomor luar negeri yang tidak dikenal. Penipuan wangiri pertama kali muncul di Jepang sekitar tahun 2000 dan sejak itu telah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Menurut data yang dilansir oleh situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), di Indonesia sendiri kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2016. Pada saat itu, beberapa pelanggan operator seluler kerap menerima panggilan telepon dari luar negeri dengan kode area atau +77. Kominfo memperingatkan bahwa jika seseorang menelepon kembali nomor asing, pulsa dapat tersedot banyak karena hal itu dianggap sebagai panggilan internasional. Selain itu, jika nomor tersebut merupakan layanan premium, korbannya mungkin akan dikenakan biaya tambahan yang sebagian besar akan masuk ke kantong penipu.

Tak hanya sekadar kehilangan pulsa, korban penipuan wangiri juga berisiko kehilangan data penting atau nomor telepon mereka bisa disalahgunakan oleh organisasi kejahatan siber. Maka dari itu, Kominfo menyarankan untuk selalu memeriksa awalan nomor dari panggilan tak terjawab. Jika berasal dari luar negeri, sebaiknya periksa kembali apakah nomor tersebut dikenal atau tidak. Jika tidak, lebih baik untuk tidak menelepon kembali.

Setiap negara memiliki kode nomor yang berbeda. Misalnya, kode Indonesia adalah +62, Kongo adalah +24, dan India adalah +91. Penting untuk memahami perbedaan kode negara ini agar lebih waspada terhadap panggilan dari nomor asing yang tidak dikenal.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pentingnya Sholat
0 Suka, 0 Komentar, 2 Jun 2024
5 Persiapan Sebelum Membuka Usaha
0 Suka, 0 Komentar, 8 Jul 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%