Tampang

Tips Mengatasi Nyeri Lutut Akibat Osteoartritis

27 Jul 2018 14:30 wib. 1.435
0 0
Tips Mengatasi Nyeri Lutut Akibat Osteoartritis

Selain penuaan, faktor risiko lain yang menyebabkan osteoartritis antara lain kelebihan berat badan, aktivitas fisik dengan unsur loncat dan lari berlebihan, menderita penyakit rematik serta gout alias penumpukan asam urat, kelemahan otot paha, atau pernah patah tulang di sekitar, sendi.

Osteoartritis sebetulnya dapat menyerang hampir semua sendi di dalam tubuh manusia, tetapi paling banyak mengenai sendi lutut dan panggul karena kedua sendi tersebut yang menerima beban paling berat dari aktivitas fisik harian manusia.

Gejala seseorang terkena osteoartritis ditentukan pula oleh stadium penyakitnya. Untuk stadium awal, nyeri sendi terasa ketika sudah lama tidak bergerak, misalnya lutut kaku dan nyeri saat bangun tidur atau saat berdiri dari posisi berjongkok. Pada stadium yang lebih berat, gejalanya terasa ketika berjalan lutut lantas nyeri, atau terdengar bunyi "krek-krek" saat sendi digerakkan.

Untuk aktivitas harian, manusia membutuhkan lutut yang dapat lurus dan menekuk sampai 110 derajat. Jika tidak bisa, sendi lutut dikatakan kaku dan pasien biasanya tidak dapat melakukan aktivitas harian dengan nyaman. Akan tetapi, risiko itu dapat diminimalkan dengan melakukan latihan otot di sekitar sendi lutut secara teratur dan harus berani menggerak-gerakkan sendi lutut sedini mungkin agar tidak kaku.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menara Eifel
0 Suka, 0 Komentar, 15 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?