Tampang

Tanda Kamu Mengalami Alergi Perekat, Simak Cara Mengatasinya!

17 Mar 2024 14:44 wib. 149
0 0
Alergi Perekat
Sumber foto: (freepik.com/karlyukav)

Dilansir Verywell Health, produk perekat dapat mengandung dua alergen utama dalam lem, seperti cairan 2-oktil sianoakrilat dan monomer n-butik sianoakrilat. Bahan-bahan tersebut dapat memicu reaksi sensitivitas pada beberapa orang yang dapat memicu alergi. Terkadang, produk perekat juga dibuat dari lateks, yang juga merupakan alergen umum.

Selain dari sumber tersebut, alergi perekat juga bisa terjadi akibat obat yang ditambahkan dalam produk perekat tersebut. Misalnya, yodium dalam desinfektan kulit Betadine atau Neosporin yang juga bisa memicu alergi pada kulit.

Sementara itu, jika alergi perekat muncul sebagai dermatitis kontak iritan, ini biasanya dipicu oleh kandungan bahan beracun atau bersifat iritan dalam produk perekat. Bahkan, penggunaan balutan yang ketat saja bisa menyebabkan alergi perekat.

3. Diagnosis alergi perekat

Alergi perekat biasanya dapat didiagnosis sendiri tanpa harus melakukan kunjungan medis. Kondisi ini dapat dikenali dengan memperhatikan ruam yang selalu muncul setiap kali penggunaan perekat atau plester.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?