Tampang

Sehat Ala Rasulullah: Panduan Kesehatan Berdasarkan Sunnah

5 Jul 2024 12:43 wib. 283
0 0
Rasullulah
Sumber foto: Google

Rasulullah SAW adalah teladan bagi umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal menjaga kesehatan. Gaya hidup sehat yang dianjurkan oleh Rasulullah tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga kesejahteraan mental dan spiritual. Berikut adalah beberapa prinsip kesehatan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pola Makan Seimbang

Rasulullah SAW mengajarkan pentingnya menjaga pola makan yang seimbang. Beliau bersabda: "Tidak ada wadah yang diisi oleh manusia lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi manusia beberapa suapan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika ia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk udara." (HR. Tirmidzi).

2. Makanan Halal dan Thayyib

Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya mengonsumsi makanan yang halal dan thayyib (baik). Hal ini berarti memilih makanan yang tidak hanya halal dari segi hukum Islam, tetapi juga sehat dan bergizi. Beliau bersabda: "Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah: 168).

3. Puasa Sunnah

Puasa bukan hanya ibadah wajib di bulan Ramadan, tetapi juga dianjurkan sebagai amalan sunnah. Rasulullah SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Puasa sunnah ini memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk detoksifikasi tubuh dan peningkatan fungsi metabolisme. Beliau bersabda: "Amal perbuatan diangkat pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka amal perbuatanku diangkat dalam keadaan aku sedang berpuasa." (HR. Tirmidzi).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.