Tampang

Pentingnya Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

25 Jun 2024 21:44 wib. 242
0 0
Pentingnya Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung
Sumber foto: iStock

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Banyak penderita penyakit jantung merasa was-was saat menjalankan aktivitas fisik. Dikarenakan adanya kasus serangan jantung yang terjadi saat sedang berolahraga yang bisa berujung pada kematian. Hal ini menimbulkan pertanyaan, benarkah penderita penyakit jantung tidak boleh berolahraga?

Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dr. dr. Basuni Radi, Sp.JP(K), olahraga tetap diperbolehkan bagi penderita penyakit jantung agar tetap memiliki tubuh yang sehat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, bagi penderita penyakit jantung koroner, disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat. Mereka dianjurkan untuk menggunakan alat monitor denyut jantung atau mengecek nadi di pergelangan tangan sebelum dan setelah olahraga, guna memantau aktivitas jantung.

Bagi penderita jantung yang memiliki alat pacu jantung, sebaiknya menghindari olahraga yang mengandalkan gerakan lengan atau kontak tubuh, seperti basket. Sementara bagi pasien dengan gagal jantung kongestif, disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan terlebih dahulu, kemudian meningkatkan intensitasnya secara bertahap sesuai dengan kemampuan.

Adapun pilihan olahraga yang paling aman bagi penderita jantung adalah olahraga yang mampu meningkatkan denyut jantung dan aliran darah, serta membantu menurunkan tekanan darah. Olahraga seperti jalan kaki, yoga, bersepeda, jogging, dan berenang dianggap sebagai olahraga yang mudah dan tidak beresiko bagi penderita jantung. Namun, penting untuk selalu menyesuaikan kemampuan fisik dengan jenis olahraga yang dipilih.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

IHSG Menguat dan Tembus ke Zona Hijau
0 Suka, 0 Komentar, 10 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.