Tampang

Pentingnya Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

25 Jun 2024 21:44 wib. 240
0 0
Pentingnya Olahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung
Sumber foto: iStock

Dr. Basuni Radi menjelaskan bahwa olahraga yang tepat adalah yang dapat meningkatkan denyut jantung dan aliran darah. Contoh olahraga yang direkomendasikan untuk penderita jantung antara lain jalan kaki, yoga, bersepeda, jogging, dan berenang. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga tersebut aman bagi penderita jantung dan bahkan dapat membantu meringankan gejala penyakit jantung.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini tersedia beragam alat monitor denyut jantung, yang dapat membantu penderita jantung memantau aktivitas jantungnya saat melakukan olahraga. Dengan adanya alat tersebut, penderita jantung dapat lebih percaya diri dan aman ketika melaksanakan aktivitas fisik.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kondisi jantung yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum memulai program olahraga, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis jantung. Dokter akan dapat memberikan rekomendasi olahraga yang sesuai dengan kondisi jantung masing-masing individu.

Dalam perawatan penyakit jantung, olahraga bukanlah satu-satunya faktor yang perlu diperhatikan. Pola makan sehat juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung. Makanan-makanan bergizi tinggi seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan, serta menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan gula berlebih, merupakan bagian dari upaya pencegahan penyakit jantung.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menemukan Makna Hidup di Tengah Kesulitan
0 Suka, 0 Komentar, 20 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.