Tampang

Penyebab Nyeri Haid pada Hari Pertama

28 Apr 2024 07:08 wib. 43
0 0
Sakit Haid
Sumber foto: Pinterest

Nyeri haid atau dismenore adalah kondisi yang dialami oleh sebagian besar wanita pada saat menstruasi. Nyeri ini bisa dirasakan pada hari pertama haid dan dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab nyeri haid pada hari pertama bisa bermacam-macam, dan beberapa faktor utama yang memengaruhi rasa sakit ini perlu dipahami.

Salah satu alasan utama nyeri haid pada hari pertama adalah kontraksi rahim yang kuat. Ketika datang bulan, rahim akan berkontraksi untuk mengejan dan membuang lapisan dalamnya yang tidak dibutuhkan. Kontraksi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang terasa seperti kram pada perut bagian bawah. Selain itu, hormon prostaglandin yang dilepaskan oleh rahim juga memainkan peran penting dalam merangsang kontraksi ini, sehingga dapat meningkatkan intensitas nyeri pada hari pertama haid.

Selain kontraksi rahim, gangguan hormon juga dapat menjadi penyebab nyeri haid pada hari pertama. Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron menjelang menstruasi dapat memberikan efek negatif pada sistem saraf, yang memicu terjadinya rasa sakit pada saat haid. Selain itu, faktor-faktor lain seperti pola makan yang tidak sehat, kelelahan, stres, dan gaya hidup tidak sehat juga dapat memperburuk intensitas nyeri haid pada hari pertama.

Adapun pengaruh pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi makanan yang mengandung kadar garam dan gula tinggi, serta minuman beralkohol dan kafein, dapat mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh dan merangsang inflamasi pada tubuh, yang pada akhirnya akan memperparah nyeri haid.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Dakwah Islam
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?