Tampang

Penemuan Vaksin Polio: Mengalahkan Penyakit yang Melumpuhkan

26 Mei 2024 07:39 wib. 99
0 0
Jonas Salk
Sumber foto: Pinterest

Vaksin polio telah menjadi tonggak penting dalam dunia kesehatan, membawa harapan untuk mengakhiri penyakit yang melumpuhkan ini. Penemuan vaksin polio telah mengubah sejarah kesehatan global, memberikan perlindungan yang vital bagi jutaan orang dari paparan virus polio yang mematikan.

Perjalanan Penemuan Vaksin Polio
Penemuan vaksin polio pertama kali diumumkan pada tahun 1952 oleh Jonas Salk, seorang dokter Amerika. Vaksin inaktif yang dikembangkan oleh Salk segera disusul dengan vaksin oral yang hidup lewat penelitian Albert Sabin. Inovasi vaksin ini mengubah pandangan terhadap polio dari sebuah ancaman yang tak terkendali menjadi penyakit yang dapat diatasi.

Dampak Signifikan terhadap Kesehatan Global
Penemuan vaksin polio telah memberikan dampak besar terhadap kesehatan global. Sebelum vaksin ditemukan, polio telah menyebabkan ribuan orang kehilangan kemampuan berjalan atau bahkan bernapas. Anak-anak merupakan kelompok rentan yang paling sering terkena penyakit ini. Namun, berkat vaksin polio, angka kasus polio telah menurun secara drastis di seluruh dunia.

Upaya Eradikasi Polio
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memimpin upaya global untuk menghapus polio secara total. Program imunisasi massal, pengawasan surveilans, dan kampanye kesadaran telah diterapkan secara intensif di berbagai negara. Melalui kerjasama internasional yang kuat, polio berhasil dieliminasi dari sebagian besar dunia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%