Tampang

Menjaga Kesehatan Tulang dan Persendian

5 Jul 2024 10:03 wib. 149
0 0
Menjaga Kesehatan Tulang dan Persendian
Sumber foto: google

Aktivitas fisik yang teratur tidak hanya baik untuk jantung dan kesehatan umum, tetapi juga penting untuk kesehatan tulang dan persendian. Berolahraga membantu mempertahankan kekuatan dan fleksibilitas otot serta ligamen yang mendukung persendian. Olahraga berbobot seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada usia lanjut.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada persendian, terutama pada lutut, pinggul, dan tulang belakang. Ini dapat menyebabkan kerusakan persendian dan meningkatkan risiko osteoarthritis. Dengan menjaga berat badan yang sehat dan ideal, Anda dapat mengurangi beban yang dikenakan pada persendian dan meminimalkan risiko cedera jangka panjang.

4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan

Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D dalam tubuh, yang berdampak negatif pada kesehatan tulang dan persendian.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.