Tampang

Menjaga Kesehatan Tubuh dan Keluarga dengan Menghindari 2 Bagian Ikan yang Tidak Boleh Dimakan

26 Jul 2024 16:32 wib. 170
0 0
Kenali Bagian Ikan yang Tidak Boleh Dimakan untuk Kesehatan
Sumber foto: Google

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tidak semua bagian ikan bisa dikonsumsi, karena beberapa bagian ikan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika dikonsumsi. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua bagian ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan keluarga.

1. Insang

     Insang merupakan organ yang digunakan oleh ikan untuk pertukaran oksigen. Bagian ini memiliki struktur yang sangat sensitif dan mudah terkontaminasi oleh polusi atau bahan kimia berbahaya di perairan tempat ikan tersebut hidup. Jika insang ikan tersebut dikonsumsi, kita akan terpapar oleh berbagai zat berbahaya yang mungkin terakumulasi di dalamnya.

Selain itu, insang juga mengandung senyawa toksin yang dapat meracuni tubuh manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Zat toksin ini dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti mual, muntah, diare, bahkan keracunan parah yang dapat mengancam nyawa.

2. Usus

     Bagian lain dari ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi adalah usus. Usus ikan dapat mengandung berbagai bakteri patogen, parasit, dan zat berbahaya yang berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh ikan tersebut. Jika usus ikan tersebut tidak dibersihkan dengan baik sebelum dimasak, kita akan terpapar oleh berbagai mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi, keracunan makanan, atau bahkan penyakit serius seperti hepatitis A.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.