Tampang

Mengenal Faktor-Faktor yang Menyebabkan Munculnya Flek Hitam

6 Jul 2024 15:00 wib. 286
0 0
Flek Hitam
Sumber foto: esensi.tv

Flek hitam atau hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak gelap pada bagian-bagian tertentu, terutama di area wajah. Flek hitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan seringkali menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Untuk mengatasi flek hitam, penting bagi kita untuk memahami faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam.

Pertama-tama, salah satu faktor utama yang menyebabkan munculnya flek hitam adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar UV dari matahari dapat merangsang produksi melanin, pigmen alami yang memberikan warna pada kulit. Jika terjadi penumpukan melanin secara tidak merata di kulit, hal ini dapat mengakibatkan munculnya flek hitam. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya atau perlindungan lainnya.

Selain paparan sinar matahari, perubahan hormon juga dapat menjadi faktor pemicu munculnya flek hitam. Perubahan hormon yang sering terjadi selama kehamilan, penggunaan pil kontrasepsi, atau bahkan perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dapat memicu munculnya flek hitam. Hal ini dikenal sebagai melasma, yang sering muncul dalam bentuk flek hitam di area wajah, terutama di daerah pipi dan dahi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.