Tampang

6 Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Perut Buncit yang Wajib Dihindari

24 Jul 2024 13:25 wib. 93
0 0
Ilustrasi perut buncit
Sumber foto: Goggle

Perut buncit telah menjadi masalah umum bagi sebagian besar orang dewasa di Indonesia. Bahkan, selain mengganggu penampilan, perut buncit juga dapat menimbulkan masalah kesehatan serius seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Untuk mengatasi masalah ini, medical expert biasanya merekomendasikan kombinasi dari berbagai jenis diet, pola makan sehat, dan olahraga teratur. Namun, selain itu, terdapat kebiasaan sehari-hari tertentu yang juga dapat menyebabkan perut buncit. Lalu, apa saja kebiasaan tersebut?

1. Mengonsumsi Makanan Manis

     Tak jarang, kita sering tidak menyadari bahwa kita mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan gulanya. Makanan-makanan seperti kue kering, muffin, yogurt, granola, protein bar, makanan dan minuman kemasan, serta makanan olahan lainnya, seringkali mengandung gula tambahan yang cukup tinggi. Menurut Healthline, makanan dan minuman dengan kalori tinggi telah menjadi penyumbang utama terhadap asupan gula yang berlebihan di Amerika Serikat. Dampaknya, tubuh akan menyerap kalori dan gula dalam jumlah besar dengan sedikit atau tanpa nilai gizi yang signifikan, yang kemudian menyebabkan penambahan berat badan dan penimbunan lemak, terutama di bagian perut.

2. Kebiasaan Malas Bergerak (Mager)

     Gaya hidup yang kurang aktif juga termasuk salah satu penyebab dari perut buncit. Kebiasaan duduk dalam waktu lama, seperti menonton TV, duduk di meja kerja, atau bermain game, telah terbukti menjadi faktor risiko yang signifikan. Menurut penelitian, 80 persen orang dewasa tidak memenuhi pedoman aktivitas fisik yang direkomendasikan oleh Pedoman Aktivitas Fisik Amerika Serikat. Oleh karena itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur dan membatasi duduk terlalu lama dapat membantu menurunkan risiko peningkatan lemak perut sekaligus mengelola berat badan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bajigur
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jun 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?