Tampang

Apakah Boleh Shalat Idulfitri 2 Kali?

13 Apr 2024 17:22 wib. 49
0 0
Apakah Boleh Shalat Idulfitri 2 Kali?
Sumber foto: Google

Salat Idul fitri adalah salah satu amalan ibadah yang sangat ditunggu-tunggu umat Islam setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadan. Sebagai amalan ibadah yang penting, tentu saja dalam pelaksanaannya banyak pertanyaan yang timbul, seperti apakah boleh shalat Idul fitri 2 kali? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat dari sisi hukum salat Idul fitri menurut ajaran agama Islam.

Menurut mayoritas ulama, hukum salat Idul fitri adalah sunah muakkad, yang artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan. Salat Idulfitri biasanya dilakukan secara berjamaah, diikuti dengan khutbah Idul fitri yang disampaikan oleh khatib. Setelah itu, umat Islam biasanya saling mengucapkan "Mohon maaf lahir dan batin" dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sesama.

Namun, belakangan muncul pertanyaan apakah sah atau bolehkah shalat Idul fitri dilaksanakan 2 kali dalam satu hari? Dilansir dari NU Online, banyak kalangan yang menanyakan tentang kebolehan melaksanakan salat Idulfitri 2 kali, terutama di tahun-tahun di mana situasi dan kondisi memungkinkan salat dilakukan secara terbatas di rumah masing-masing, seperti pada masa pandemi Covid-19 ini.

Mengenai hal ini, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis telah memberikan penjelasan yang tegas. Menurut beliau, tidak boleh dilakukan salat Idul fitri 2 kali dalam satu hari, apa pun alasannya. Cholil menegaskan bahwa salat Idul fitri 2 kali tidak sah, karena sudah di luar waktu salat Idul fitri yang sebenarnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ragam Indonesia
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?