Tampang

Masalah Kesehatan Mental di Kalangan Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis

18 Apr 2024 08:59 wib. 41
0 0
Masalah Kesehatan Mental di Kalangan Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis
Sumber foto: istock

Masalah kesehatan jiwa di kalangan peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kembali menjadi sorotan. Baru-baru ini muncul data yang menunjukkan bahwa ada 2.716 calon dokter spesialis yang didiagnosa mengalami depresi.

Berdasarkan data dari analisis kesehatan jiwa calon dokter spesialis di 28 rumah sakit vertikal pendidikan bagi 12.121 PPDS, diketahui 2.716 calon dokter spesialis yang didiagnosa mengalami depresi. Dari 2.716 calon dokter yang didiagnosa mengalami depresi itu, 1.977 di antaranya mengalami gejala ringan. Selain itu, 486 calon dokter spesialis mengalami depresi sedang, 178 calon dokter spesialis mengalami depresi sedang dan berat, serta 75 calon dokter spesialis diketahui mengalami depresi berat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan bahwa salah satu tujuan dilakukannya survei ini adalah lantaran masih adanya laporan kasus perundungan terhadap PPDS selama mereka menjalani pendidikannya. Melalui survei ini, pihak Kemenkes ingin mengetahui apakah faktor depresi yang dialami oleh PPDS disebabkan oleh kasus perundungan atau faktor lainnya.

Menurut dr. Siti Nadia, "Kita masih mendapatkan laporan perundungan sehingga kita mencoba melihat apakah ada faktor depresi karena perundungan atau faktor lainnya." Hal ini menjadi perhatian serius karena kasus perundungan dapat berdampak negatif pada kesehatan jiwa para calon dokter spesialis.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?