Tampang

Masalah Kesehatan Mental di Kalangan Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis

18 Apr 2024 08:59 wib. 60
0 0
Masalah Kesehatan Mental di Kalangan Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis
Sumber foto: istock

Sementara itu, Nadia Tarmizi juga menegaskan bahwa hingga saat ini, belum ditemukan kasus bunuh diri di kalangan PPDS akibat depresi. Pengungkapan ini memberikan sedikit optimisme meskipun isu kesehatan mental di kalangan PPDS tetap menjadi fokus perhatian.

Nadia menyatakan bahwa survei seperti ini merupakan langkah deteksi dini yang dilakukan pemerintah untuk mencegah masalah kesehatan mental di kalangan PPDS. "Survei ini merupakan upaya deteksi dini untuk mencegah masalah kesehatan jiwa ke depannya," ungkapnya.

Selain perundungan, tekanan akademis yang tinggi juga dapat menjadi faktor risiko terjadinya depresi di kalangan calon dokter spesialis. Mereka harus melewati beban pendidikan yang sangat berat dan tuntutan untuk mencapai standar keunggulan. Kondisi ini, jika tidak diatasi dengan baik, dapat memicu masalah kesehatan mental.

Dalam mendukung kesejahteraan mental para calon dokter spesialis, perlu adanya perhatian lebih dari berbagai pihak terutama pihak rumah sakit yang menyelenggarakan Program Pendidikan Dokter Spesialis. Pelatihan untuk mengatasi stres, dukungan psikologis, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat menjadi faktor penting dalam meminimalisir kasus depresi di kalangan PPDS.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Pesantren Terbaik Di Bandung
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mar 2021

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?