Tampang

Manfaat Kopi dalam Mengurangi Risiko Batu Ginjal Menurut Penelitian

23 Jun 2024 08:56 wib. 239
0 0
Manfaat Kopi dalam Mengurangi Risiko Batu Ginjal Menurut Penelitian
Sumber foto: google

Kaitan Kopi dengan Risiko Batu Ginjal
Batu ginjal adalah hasil sampingan dari ketidakmampuan tubuh membuang produk limbah secara memadai melalui urine, di mana kristal-kristal kecil dalam urine terus mengumpulkan jenis limbah hingga membentuk batu. Ada beberapa faktor risiko yang diketahui, seperti usia, pola makan tinggi protein hewani, obesitas, kondisi kesehatan tertentu, gaya hidup yang tidak aktif, riwayat keluarga dengan batu ginjal, lingkungan, obat-obatan tertentu, dan paparan bahan kimia berbahaya.

Namun, kopi memiliki kaitan yang positif dalam mengurangi risiko batu ginjal. Konsumsi kafein dalam kopi terbukti dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal serta mengurangi risiko cedera ginjal. Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh National Kidney Foundation hingga Verywell Health menunjukkan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi terbukti dapat dikaitkan dengan risiko batu ginjal yang lebih rendah. Hal ini memberikan pemahaman baru bahwa minum kopi dalam jumlah yang sehat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ginjal.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa air terbukti meningkatkan aliran urine yang melindungi terhadap batu ginjal. Konsumsi kopi atau teh juga terbukti dapat mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal hingga 40 persen. Ini menunjukkan bahwa kopi memiliki peran yang positif dalam melindungi kesehatan ginjal dan dapat menjadi konsumsi yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki risiko terkena batu ginjal.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Peran Narasi dalam Membuat Game yang Menggugah
0 Suka, 0 Komentar, 14 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.