Tampang

Makanan yang Baik untuk Penderita Anemia: Panduan Nutrisi Sehat

25 Jun 2024 19:48 wib. 203
0 0
Makanan kaya zat besi
Sumber foto: Pinterest

3. Asupan Makanan Kaya Asam Folat
Asam folat atau vitamin B9 adalah nutrisi penting untuk penderita anemia karena berperan dalam pembentukan sel darah merah. Makanan yang kaya akan asam folat antara lain sayuran hijau (bayam, brokoli), buah-buahan (alpukat, jeruk), kacang-kacangan (kacang polong, lentil), dan biji-bijian (beras merah, sereal). Konsumsi makanan ini secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar asam folat dalam tubuh.

4. Mengonsumsi Sumber Zat Besi yang Mudah Diserap
Penderita anemia juga perlu memperhatikan sumber zat besi yang mudah diserap oleh tubuh. Makanan seperti daging, unggas, dan ikan memiliki zat besi heme yang lebih mudah diserap daripada zat besi non-heme yang terdapat dalam produk tumbuhan. Konsumsi makanan sumber zat besi yang mudah diserap dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh secara efektif.

5. Batasi Konsumsi Kafein dan Tanin
Kafein dan tanin, yang banyak terdapat dalam kopi, teh, cokelat, dan anggur, dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Penderita anemia disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan tanin agar penyerapan zat besi tidak terganggu.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.