Tampang

Makanan Penyebab Meningkatnya Asam Urat: Apa yang Harus Dihindari?

24 Apr 2024 04:30 wib. 69
0 0
ilustrasi seseorang yang mengalami asam urat
Sumber foto: grid.id

Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh dapat mendatangkan masalah kesehatan yang serius. Salah satu penyebab utama meningkatnya kadar asam urat adalah konsumsi makanan tertentu. Makanan-makanan tersebut dapat memicu terjadinya penyakit asam urat, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penderitanya mengalami keluhan seperti nyeri pada sendi, bengkak, dan sensasi panas. Kondisi ini dapat memberikan dampak negatif terhadap kualitas hidup penderitanya.

Menurut KlikDokter, faktor utama penyebab asam urat adalah hiperuresemia, suatu kondisi di mana kadar asam urat meningkat secara tajam. Untuk mengurangi risiko terkena asam urat, penting untuk menghindari makanan tinggi purin, yang dapat memicu terjadinya hiperuresemia. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah peningkatan asam urat antara lain: 

1. Jeroan

Makanan yang tergolong jeroan, seperti babat, hati, kikil, dan sejenisnya, sebaiknya dihindari. Kandungan purin yang tinggi pada jeroan bisa memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Keutamaan Puasa Sunnah Syawal
0 Suka, 0 Komentar, 1 Mei 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?