Tampang

Makanan dan Aktivitas yang Harus Dihindari oleh Penderita Anemia

26 Jul 2024 12:09 wib. 95
0 0
ilustrasi anemia
Sumber foto: Pinterest

Anemia adalah kondisi medis yang disebabkan oleh kadar sel darah merah yang rendah dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi akibat kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, gangguan genetik, atau penyakit kronis. Penderita anemia perlu memperhatikan pola makan dan aktivitas fisik agar kondisinya tidak semakin memburuk. Berikut adalah makanan dan aktivitas yang harus dihindari oleh penderita anemia.

Makanan yang Dihindari oleh Penderita Anemia
Penderita anemia sebaiknya menghindari makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Makanan-makanan yang mengandung kafein, misalnya, dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya sebaiknya dikurangi atau dihindari oleh penderita anemia.

Selain kafein, makanan yang mengandung kalsium tinggi juga sebaiknya dihindari, karena kalsium dapat menghalangi penyerapan zat besi dalam tubuh. Makanan seperti susu, keju, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak oleh penderita anemia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?