Tampang

Ketahui Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat dan Aman

11 Jun 2021 17:10 wib. 1.143
0 0
Ketahui Penyebab Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat dan Aman

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri yang dirasakan di kepala, yang timbul secara bertahap ataupun mendadak. Nyeri tersebut bisa saja muncul pada salah satu sisi kepala atau bahkan di seluruh bagian kepala. Sakit kepala dapat menyebabkan kepala terasa berdenyut ataupun seperti terlilit kencang oleh tali. Sakit kepala ini bisa saja terasa ringan hingga berat. namun bila sakit kepala tersebut akibat terpicu oleh penyakit serius maka dibutuhkan penanganan lebih lanjut. Adapun jenisnya, sakit kepala yang paling sering terjadi di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Migrain

Dirtandai dengan sakit kepala berdenyut yang muncul pada satu sisi kepala yang biasanya berlangsung selama beberapa jam dan bahkan bisa berhari-hari. Selain merasakan sakit kepala, penderita migrain ini bisa mengalami mual dan muntah serta lebih sensitif terhadap suara bising atau cahaya. Walaupun hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab migrain, akan tetapi sejumlah faktor yang bisa memicu migrain seperti stres, kelelahan, kualitas tidur yang buruk serta konsumsi minuman yang mengandung alkohol berlebihan.

  • Sakit kepala cluster

Sama seperti migrain di mana sakit kepala terasa pada satu sisi kepala saja. Yang membedakannya yaitu akibat kondisi tersebut secara tiba-tiba dan cenderung terasa di belakang mata atau area sekitar mata. Pada umumnya sakit kepala jenis ini bis aberlangsung sekitar 15 menit hingga 3 jam. Penderitanya seringkali merasakan nyeri yang tidak tertahankan. Tidak hanya merasakan nyeri di kepala tetapi juga mengalami beberapa keluhan seperti mata merah, bengkak dan berair. Yang bisa menyebabkan sakit kepala cluster ini karena usia, kebiasaan merokok, konsumsi minuman berealkohol dan memilii anggota keluarga yang juga sering mengalami sakit kepala cluster.

  • Sakit kepala tegang

Yaitu jenis sakit kepala yang paling sering dialami. Di mana penderita sakit kepala ini akan merasakan nyeri di kedua sisi kepalanya, belakang mata dan terkadang pada leher. Stres yang berlebihan merupakan pemicu sakit kepala jenis ini. Berlangsung selama 30 menit dan bahkan bisa hingga berhari-hari. 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Olahraga yang Cocok Saat Puasa
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?