Tampang

Permen Karet Jamur Bikin Geger Australia, Warga Halusinasi Massal

28 Jun 2024 18:46 wib. 26
0 0
Permen Karet Jamur Bikin Geger Australia, Warga Halusinasi Massal
Sumber foto: iStock

Masyarakat Australia dihebohkan dengan peringatan penarikan kembali merek permen karet jamur yang telah beredar di negara tersebut. Otoritas Australia mengambil tindakan ini menyusul laporan adanya lima orang yang mengalami gejala halusinasi parah setelah mengkonsumsi permen tersebut. Kasus ini menjadi perhatian serius karena setidaknya lima orang harus dirawat di rumah sakit akibat efek samping yang mengganggu setelah memakan permen karet merek Uncle Frog di negara bagian timur New South Wales. Mereka dilaporkan mengalami halusinasi yang mengganggu, kehilangan kesadaran, mengantuk, kejang, dan gerak tak sadar.

Para petugas medis dan otoritas kesehatan pun segera memperingatkan masyarakat untuk tidak mengkonsumsi produk-produk tersebut. Darren Roberts, direktur medis pusat informasi racun di New South Wales, mengatakan bahwa investigasi sedang berlangsung untuk mengetahui kandungan yang ada dalam produk-produk tersebut. Permintaan agar masyarakat menghindari konsumsi produk tersebut disampaikan dalam upaya pencegahan dampak serupa terjadi pada orang lain.

Tak hanya di New South Wales, kasus ini juga menarik perhatian di Perth, di mana seorang wanita bernama Laura Jones mengungkapkan pengalamannya setelah membeli permen karet jamur secara daring. Ia mengaku membeli produk tersebut dengan harapan dapat mengatasi kecemasannya. Namun, alih-alih merasa terbantu, Jones justru harus dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan takikardia. Ia merasa benar-benar keluar dari dirinya sendiri dan kehilangan ingatan jangka pendek, serta menggambarkan perasaan yang amat mencekam.

Selanjutnya, pihak berwenang mengungkapkan bahwa perusahaan pemilik merek Uncle Frog, yaitu Oz Brands Pty Ltd, telah mengeluarkan penarikan secara resmi setelah menerima laporan-laporan tersebut. Produk ini sebenarnya dijual dalam dua varian, yakni jamur surai singa yang diklaim dapat membantu "memori dan fokus" serta jamur cordyceps yang menawarkan "energi dan kekuatan". Namun, Food Standards Australia dan Selandia Baru menyatakan bahwa produk-produk tersebut ditarik kembali karena kedua jenis jamur ini merupakan "bahan makanan baru yang tidak disetujui".

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

15 Cara Ampuh Atasi Diare
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%