Tampang

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA): Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

12 Jul 2024 13:39 wib. 285
0 0
ISPA
Sumber foto: Pinterest

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah kondisi kesehatan yang sangat umum terjadi dan dapat menyerang siapa pun, baik anak-anak, dewasa, maupun lansia. ISPA dapat disebabkan oleh berbagai jenis virus dan bakteri yang menyerang saluran pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai penyebab, gejala, dan pengobatan ISPA.

Penyebab ISPA
ISPA dapat disebabkan oleh berbagai agen infeksi, yang paling umum adalah virus, seperti virus rhinovirus, coronavirus, adenovirus, dan lain-lain. Selain itu, ISPA juga dapat disebabkan oleh bakteri, seperti Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, dan Moraxella catarrhalis. Selain virus dan bakteri, ISPA juga dapat disebabkan oleh jamur atau parasit dalam kasus yang sangat jarang terjadi.

Infeksi saluran pernapasan dapat menyebar melalui udara saat seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin, serta melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Selain itu, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena ISPA, seperti rokok, polusi udara, kondisi imunodefisiensi, dan paparan zat iritan pada saluran pernapasan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?