Tampang

Cara Mengurangi Kadar Gula dalam Nasi, Ternyata Mudah

16 Okt 2024 09:12 wib. 50
0 0
Cara Mengurangi Kadar Gula dalam Nasi, Ternyata Mudah
Sumber foto: iStock

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi nasi yang telah didinginkan selama 24 jam dan dipanaskan kembali dapat menghasilkan respons gula darah yang jauh lebih rendah daripada nasi panas yang baru dimasak.

Peneliti juga menegaskan bahwa manfaat ini juga dapat diperoleh ketika nasi didinginkan pada suhu ruang sebelum dikonsumsi. Studi yang dipublikasikan dalam PubMed Central menambahkan bahwa nasi dingin memiliki kandungan zat pati resisten yang tinggi, yang membuatnya lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini mempengaruhi penyerapan glukosa dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Tidak hanya itu, nasi dingin juga dinilai lebih baik untuk kesehatan secara umum. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa nasi yang telah didinginkan memiliki kalori yang lebih rendah, sekitar 50 sampai 60 persen lebih rendah dibandingkan nasi panas. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi mereka yang memperhatikan asupan kalori harian demi menurunkan berat badan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.