Tampang

Keutamaan Shalat Tahajud dan Doa di Sepertiga Malam

22 Jul 2024 11:21 wib. 107
0 0
Sholat Tahajud
Sumber foto: Google

Shalat Tahajud adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Shalat ini dilakukan di malam hari, setelah tidur sejenak, dan memiliki banyak keutamaan yang besar bagi yang melaksanakannya. Salah satu waktu terbaik untuk melaksanakan Shalat Tahajud adalah di sepertiga malam terakhir, waktu di mana doa-doa lebih mudah diijabah oleh Allah SWT.

Keutamaan Shalat Tahajud

Mendekatkan Diri kepada Allah Shalat Tahajud merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam Al-Qur'an, Allah berfirman: "Dan pada sebagian malam, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra: 79). Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya Shalat Tahajud sebagai bentuk ibadah tambahan yang bisa mengangkat derajat seorang hamba di hadapan Allah.

Dikabulkannya Doa Salah satu keutamaan Shalat Tahajud adalah kesempatan besar untuk doa-doa kita dikabulkan. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Pada malam hari terdapat satu waktu yang tidaklah seorang Muslim memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikannya kepadanya, yaitu setelah shalat Isya hingga terbit fajar." (HR. Muslim). Hadits ini menegaskan betapa pentingnya berdoa di waktu sepertiga malam terakhir.

Penghapus Dosa Shalat Tahajud juga merupakan salah satu ibadah yang bisa menghapus dosa-dosa kita. Rasulullah SAW bersabda: "Lakukanlah Shalat Tahajud, karena ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari dosa, dan menghapuskan kesalahan serta mengusir penyakit dari tubuh." (HR. Tirmidzi).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Robot Royal Q Kunci Sukses Bertrading
0 Suka, 0 Komentar, 25 Nov 2021

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?