Tampang

BPOM RI Temukan Banyak Jajanan Pasar Berisiko Kanker, Cone Es Krim-Kerupuk

5 Jul 2024 15:02 wib. 214
0 0
BPOM RI Temukan Banyak Jajanan Pasar Berisiko Kanker, Cone Es Krim-Kerupuk
Sumber foto: google

Plt Kepala Obat Pengawas dan Makanan (BPOM) RI Lucia Rizka Andalusia mengungkapkan pihaknya banyak menemukan jajanan pasar yang menggunakan bahan tambahan pangan tidak aman. Diantaranya adalah cone es krim dan kerupuk, makanan yang selama ini menjadi favorit bagi banyak orang, terutama anak-anak.

Ia menyebut makanan yang menggunakan bahan pangan tersebut banyak dikonsumsi oleh masyarakat, seperti penggunaan formalin, pewarna rhodamin B dan metanil yellow pada jajanan pasar, serta boraks pada kerupuk. BPOM RI telah melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah jajanan pasar yang dijual di berbagai tempat, dan hasilnya mengejutkan. Ditemukan sejumlah zat berbahaya dalam jajanan pasar yang dapat meningkatkan risiko kanker jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Menurut Rizka, penggunaan bahan tambahan pangan yang tak aman ini kerap kali digunakan oleh pedagang kecil karena harganya yang murah. Adapun para pedagang yang menggunakan bahan pangan tersebut akan dilakukan pembinaan hingga dikenakan sanksi sosial. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan mengingat sebagian besar konsumen cone es krim adalah anak-anak.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.