Tampang

Biji Bijian yang Beracun: Ancaman Tersembunyi dalam Makanan Sehari-hari

16 Jun 2024 16:41 wib. 51
0 0
Biji Bijian yang Beracun: Ancaman Tersembunyi dalam Makanan Sehari-hari
Sumber foto: pinterest

Biji bijian merupakan salah satu komponen utama dalam pola makan sehat modern. Kaya akan serat, nutrisi, dan antioksidan, biji-bijian merupakan energi yang terkandung dalam ukuran kecil. Namun, di balik kebaikan dan kelezatan biji-bijian ini, ternyata ada yang perlu diwaspadai, yaitu bagaimana beberapa jenis biji-bijian bisa beracun.

Salah satu biji yang beracun adalah biji teratai Afrika (Nymphaea caerulea), yang ditemukan di perairan tenang di Afrika, Asia, dan Australia. Meskipun terlihat indah, biji teratai Afrika mengandung senyawa alkaloid beracun yang dapat memberikan efek hallusinogenik jika dikonsumsi. Selain itu, biji Castor juga termasuk biji beracun yang mengandung racun yang disebut ricin, yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Selain itu, biji Jarak Pagar juga termasuk biji yang dikenal beracun. Biji ini mengandung racun yang disebut ricin, yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh manusia jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Beberapa biji beracun lainnya yang layak diwaspadai adalah biji teratai India (Nelumbo nucifera) yang juga mengandung senyawa beracun; biji teratai Amerika (Nelumbo lutea), biji teratai Jepang (Nelumbo lutea), dan biji teratai Australia (Nelumbo lutea) juga mengandung senyawa beracun yang dapat menyebabkan keracunan jika dikonsumsi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Penista Agama Divonis Hari ini
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mei 2017
Penggunaan Ponsel
0 Suka, 0 Komentar, 14 Apr 2024
Richard Stone
0 Suka, 0 Komentar, 18 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%