Tampang

Bolehkah Makan Tempe Mentah? Berikut Ini yang Wajib Diperhatikan, Untuk Kesehatan Tubuh dan Kesehatan Keluarga

31 Mei 2024 15:56 wib. 61
0 0
Manfaat Tempe Mentah untuk Kesehatan
Sumber foto: Google

Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang populer. Dibuat dari kedelai yang difermentasi dengan menggunakan jamur Rhizopus oligosporus, tempe memiliki tekstur yang unik dan kaya akan nutrisi. Namun, adakah manfaat atau bahkan risiko dari mengonsumsi tempe mentah? Artikel ini akan membahas apakah boleh atau tidaknya makan tempe mentah, serta hal-hal yang wajib diperhatikan untuk kesehatan tubuh dan kesehatan keluarga.

Tempe mentah mengandung bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Karenanya, penting untuk memastikan tempe sudah diolah dengan benar, sehingga bakteri tersebut tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Kandungan gizi dalam tempe yang tinggi membuatnya menjadi makanan yang banyak disukai. Tempe mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, mengonsumsi tempe mentah juga bisa membawa risiko, terutama karena adanya bakteri yang mungkin masih hidup dalam tempe yang belum diolah.

Pengolahan tempe secara tradisional melibatkan proses fermentasi yang memungkinkan bakteri-bakteri patogen seperti Salmonella, E. coli, dan Listeria untuk hidup di dalamnya. Oleh karena itu, mengonsumsi tempe mentah dapat meningkatkan risiko keracunan makanan. Selain itu, bagi sebagian orang, mengonsumsi tempe mentah juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, mual, dan muntah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Bid'ah dalam pandangan islam
0 Suka, 0 Komentar, 1 Jun 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%