Tampang

Bolehkah Jus Tomat untuk Orang yang Terkena Diabetes?

6 Jun 2018 20:28 wib. 8.352
0 0
jus tomat

Pada orang normal, gula dalam darah akan mencapai puncaknya dua jam setelah makan, kemudian turun lagi bersamaan dengan dilepasnya insulin. Pada penderita TGT, insulin yang dihasilkan tidak dapat bekerja dengan baik atau produksinya kurang. Akibatnya bila mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, maka gula di dalam darah tetap tinggi dan mengakibatkan rusaknya kerja sel-sel darah putih dan dinding pembuluh darah.

Gula pasir cepat sekali menaikkan gula darah dibanding gula dalam karbohidrat seperti nasi atau kentang. Sedangkan gula yang dihasilkan dari pencernaan nasi, tidak cepat meningkatkan gula darah karena perlu waktu untuk dicerna dan tidak 100 persen menjadi gula darah, karena komponen nasi selain karbohidrat juga ada serat. Itulah sebabnya gula pasir tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

Karbohidrat yang dapat dikonsumsi penderita TGT adalah yang berserat seperti kacang-kacangan, buah segar seperti papaya, kedondong, apel, tomat, salak, dan semangka. Sedangkan buah-buahan yang seperti sawo, jeruk, nanas, rambutan, durian, nangka, dan anggur, tidak dianjurkan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Resep Makanan
0 Suka, 0 Komentar, 19 Apr 2024
Tiga Tingkatan saat kita Menerima Ujian
0 Suka, 0 Komentar, 2 Agu 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?