Tampang

Apakah Daun Kelor Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Yuk, Temukan Penjelasannya!

31 Mei 2024 15:43 wib. 53
0 0
Apakah Daun Kelor Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Yuk, Temukan Penjelasannya!
Sumber foto: google

Daun kelor dikenal memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, seberapa amankah mengonsumsi daun kelor setiap hari? Ternyata, daun kelor boleh dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang wajar dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius.

Menurut WebMD, disarankan agar jumlah konsumsi daun kelor per hari tidak melebihi 70 gram atau setara dengan 11 sendok teh ekstrak daun kelor. Konsumsi daun kelor dalam jumlah besar dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, sembelit, kelebihan zat besi yang berbahaya terutama pada anak-anak, serta dapat menimbulkan reaksi tertentu jika dikonsumsi bersamaan dengan obat. Oleh karena itu, membatasi kuantitas konsumsi daun kelor sangatlah dianjurkan. 

Selain itu, penggunaan jangka panjang juga perlu dibatasi karena belum terbukti aman secara medis. Sebaiknya, konsumsi daun kelor tidak melebihi 6 bulan. Untuk individu dengan kondisi kesehatan khusus, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor setiap hari guna menghindari efek samping yang lebih serius.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan pun perlu diperhatikan. Daun kelor mengandung beragam nutrisi yang sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun kelor ini antara lain adalah sebagai berikut:
- Kandungan vitamin A yang menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung perkembangan janin
- Kandungan vitamin C yang melindungi tubuh dari polutan dan racun
- Kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari radikal bebas
- Kandungan anti inflamasi yang melindungi wanita dari kanker payudara
- Mampu menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes
- Mampu mengatasi masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, resistensi insulin, kanker, dan inflamasi 

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Menjelajahi Pesona Mistis Goa Jomblang
0 Suka, 0 Komentar, 5 Mei 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%