Tampang

Apakah Ada Efek Bila Kelebihan Asupan Vitamin C pada Ibu Menyusui?

1 Agu 2024 08:18 wib. 108
0 0
Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan
Sumber foto: Google

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama bagi ibu menyusui. Vitamin C memiliki peran yang vital dalam menjaga kesehatan ibu dan anak. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah ada efek bila kelebihan asupan vitamin C pada ibu menyusui? Mari kita bahas lebih lanjut.

Vitamin C atau asam askorbat dikenal sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh serta berperan dalam pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, serta fungsi imun. Selama menyusui, kebutuhan akan vitamin C dapat meningkat, karena vitamin C diperlukan dalam pembentukan jaringan baru, termasuk jaringan payudara untuk memproduksi ASI.

Namun, kelebihan asupan vitamin C pada ibu menyusui juga perlu diperhatikan. Meskipun vitamin C larut air dan biasanya diekskresikan melalui urin, konsumsi berlebihan vitamin C dapat menyebabkan beberapa efek samping yang berpotensi berdampak pada kesehatan ibu dan bayi. Beberapa efek samping tersebut antara lain gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan gangguan penyerapan zat besi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jeremy Thomas Jadi Tersangka. Ada Apa?
0 Suka, 0 Komentar, 11 Agu 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?