Tampang

6 Makanan Tinggi Purin, Pantang Bagi Penderita Asam Urat

19 Sep 2024 21:06 wib. 18
0 0
6 Makanan Tinggi Purin, Pantang Bagi Penderita Asam Urat
Sumber foto: iStock

Tampang.com | Asam urat atau gout adalah kondisi yang menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan pada bagian persendian. Selain itu, penderita juga kerap merasakan pembengkakan dan adanya sensasi panas di area persendian. Rasa sakit yang dialami oleh penderita asam urat dapat berlangsung selama 3-10 hari dengan gejala yang berkembang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Kondisi ini bisa muncul lebih sering jika tidak mendapatkan perawatan yang sesuai. Selain menjalani perawatan yang tepat, pengidap asam urat juga perlu menjaga pola makannya. Karena itulah, para penderita asam urat wajib menjauhi makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin. Sebab, asupan tinggi purin dapat mengakibatkan kambuhnya gejala asam urat.

Terkait hal tersebut, berikut enam makanan penyebab asam urat yang perlu dihindari.

1. Makanan Laut (Seafood)

Sejumlah makanan laut (seafood) dikenal mengandung zat purin yang tinggi, seperti ikan. Jenis ikan yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah ikan teri, kod, haddock, herring, makarel, remis, telur ikan, sarden, scallop, dan trout. Selain ikan, makanan laut seperti kepiting, lobster, tiram, dan udang juga harus diwaspadai karena mengandung zat purin, meskipun dalam jumlah sedang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?