Tampang

Selamat Hari Kartini Untuk Perempuan Indonesia, Selamat Berkarya!

21 Apr 2018 18:36 wib. 2.017
0 0
Selamat Hari Kartini Untuk Perempuan Indonesia, Selamat Berkarya!

Anda pasti tidak merasa asing dengan nama Kartini, bukan? Ya harus diakui bahwa nama Kartini telah mendunia khususnya di Indonesia.  Namun, sadarkah Anda bahwa hari ini adalah hari Kartini? Ya singkat cerita, setiap tanggal 21 April di Indonesia akan diperingati sebagai hari Kartini sebagai bentuk penghargaan pada sosok Raden Adjeng Kartini yang telah berjasa begitu besar untuk perubahan derajat perempuan Indonesia.

Ditetapkannya tanggal 21 April sebagai Hari Kartini disesuaikan dengan tanggal lahir sang R.A. Kartini yang lahir pada 21 April 1879 dan meninggal pada 17 September 1904. Peringatan R.A Kartini ditetapkan oleh Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 tertanggal 2 Mei 1964 dimana Kartini ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Sekaligus penetapan hari lahirnya R.A. Kartini yakni 21 April diperingati setiap tahun sebagai hari besar nasional yang sering dikenal dengan Hari Kartini.

Sejarah singkat jasa Kartini adalah bermula saat ia menyadari status perempuan ketika Indonesia masih dalam kekuasaan kolonial Belanda dan berada pada status sosial paling rendah dibanding pria saat itu. Karena Kartini berasal dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara secara otomatis dia memiliki peluang berteman dengan anak-anak perempuan Belanda yang tinggal di Indonesia.

Kartini tertarik dengan pola pikir perempuan Eropa yang sudah sangat maju. Lalu Kartini memiliki kerinduan untuk memajukan pola pikir perempuan Indonesia karena saat itu berada pada status sosial paling rendah. Salah satunya adalah dengan menyuarakan dan membuat gebrakan baru agar perempuan diberi hak yang sama dengan pria untuk mengecap pendidikan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

kaum intoleran
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?