Tampang

Mahasiswa UGM Racik Susu dari Kacang Tanah untuk Diet

14 Jul 2017 15:20 wib. 1.500
0 0
Mahasiswa UGM  Racik Susu dari Kacang Tanah untuk Diet

Tampang.com - Mendapatkan berat badan ideal merupakan impian semua orang. Tak jarang orang rela melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan mereka. Tingkat obesitas di Indonesia yang cukup tinggi membuat sekelompok mahasiswa dari UGM tergerak untuk membuat solusi atas permasalahan ini.

Sekar, Meilisa Khoiriya, Raka Permana Adlin Putra dari Fakultas Kedokteran, Sri Wening Kurniajati dari Fakultas Kedokteran Hewan dan Wahyu Setyaning Budi dari Fakultas Teknologi Pertanian membuat produk susu yang terbuat dari kacang tanah dan diberi nama Sukata. Sukata ini diyakini dapat mencegah kegemukan.

Kacang-kacangan merupakan sumber asam amino triptofan yang dapat menghasilkan hormon serotonin yang berfungsi untuk menurunkan nafsu makan serta menginduksi kepuasan makan sehingga sangat baik untuk orang yang ingin melakukan diet untuk menjaga berat badan ideal.

Dalam 100 gram kacang tanah mengandung 250 miligram asam amino triptofan yang dapat menekan nafsu makan. Menurut data riset kesehatan dasar (Rikesdas) tahun 2013 menyebutkan jika prevalensi obesitas mencapai 8,8% pada anak usia 5-12 tahun, 2,5% usia 13-15 tahun. 1,6% usia 16-18 tahun dan 15,4% pada orang dewasa.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Beberapa Keuntungan Top Up Game di VCGamers
0 Suka, 0 Komentar, 18 Apr 2022

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?