Tampang

Tradisi Lebaran yang Selalu Dirindukan

5 Apr 2024 18:57 wib. 124
0 0
tradisi lebaran
Sumber foto: freepik.com

Selain ketiga tradisi di atas, tradisi meminta maaf dan memberikan maaf juga menjadi bagian penting dari perayaan lebaran. Momennya digunakan untuk menyatukan kembali tali persaudaraan yang mungkin sempat renggang di antara sesama. Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, momen lebaran menjadi waktu yang tepat untuk saling memaafkan dan memulai kehidupan yang baru dengan hati yang bersih.

Dalam tradisi lebaran, juga tak ketinggalan hadiah-hadiah atau yang lebih dikenal dengan sebutan "THR" yang diterima umumnya oleh anak-anak dan keluarga muda. Hal ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu, terutama oleh mereka yang tidak terlalu mendapat kesempatan untuk mendapat uang saku di hari biasa.

Namun, di tengah makna kebersamaan dan kebahagiaan, lebaran juga menjadi momen introspeksi diri. Melalui ibadah dan tradisi lebaran, umat Muslim diingatkan untuk senantiasa meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan. Perjalanan Ramadan yang penuh dengan tantangan, kini diakhiri dengan rasa syukur dan penuh harap. Lebaran mengajarkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan dan kembali kepada fitrah manusia yang suci.

Dengan semua keindahan dan kebahagiaan yang terdapat dalam tradisi lebaran, tak heran jika momen ini menjadi salah satu momen yang paling dinantikan sepanjang tahun. Perayaan lebaran tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi umat Muslim, tapi juga menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan, keluarga, dan masyarakat secara keseluruhan. Semoga tradisi lebaran selalu menjadi momen yang membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi kita semua.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%