Tampang

Tanda Seseorang Dewasa secara Mental dan Emosional Menurut Psikolog

16 Jun 2024 17:01 wib. 58
0 0
Tanda Seseorang Dewasa secara Mental dan Emosional Menurut Psikolog

Kematangan emosional memainkan peran penting dalam hidup seseorang, ini termasuk ketika mereka menjalin hubungan dengan seseorang atau menyelesaikan konflik yang ada. Untuk mengetahui seseorang berada di titik tersebut, apa saja tanda dewasa secara mental dan emosional yang dapat dikenali menurut para psikolog?

Tahukah Bunda? American Psychological Association (APA) mendefinisikan kematangan emosional sebagai tingkat pengendalian dan ekspresi emosi yang tinggi dan tepat. Orang yang matang secara emosional sadar, diri, peka terhadap emosinya, dan tahu bagaimana cara mengelolanya. Mereka terus-menerus melatih keterampilan emosional dan kognitif untuk membantu mereka mengatasi situasi stres atau buruk dan mencapai resolusi yang sukses terhadap tantangan hidup.

Berikut adalah beberapa tanda seseorang yang telah dewasa secara mental dan emosional yang bisa Bunda ketahui:

1. Memiliki Empati
Menjadi dewasa secara emosional berarti seseorang mampu mengalihkan fokus dari kebutuhan dan sudut pandang sendiri, dan fokus pada realistis emosi orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional mampu memiliki empati dan menunjukkan kasih sayang kepada orang lain, ungkap Lisa Lawless, Ph.D., seorang psikolog klinis. Menurutnya, pikiran dan perasaan mereka dapat diungkapkan dengan cara yang sehat dan konstruktif, memastikan bahwa mereka memperlakukan orang lain dengan hormat dan menuntut hal tersebut dari orang lain.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kota Makkah
0 Suka, 0 Komentar, 4 Mei 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%