Tampang

Peneliti China Temukan Hubungan Antara Kesejahteraan Mental, Gaya Hidup, dan Penuaan Sehat

21 Jun 2024 18:07 wib. 173
0 0
Peneliti China Temukan Hubungan Antara Kesejahteraan Mental, Gaya Hidup, dan Penuaan Sehat
Sumber foto: iStock

Selain itu, hasil studi juga mengindikasikan bahwa pola hidup yang kurang aktif, kebiasaan merokok, dan kecenderungan untuk sering menonton televisi memiliki korelasi dengan kondisi kesehatan yang lebih buruk pada fase penuaan. Di sisi lain, konsumsi keju dan buah-buahan secara rutin terkait dengan peningkatan kesehatan yang lebih baik, menandakan pentingnya pola makan yang seimbang untuk mendukung penuaan yang sehat.

Sebagaimana diungkapkan oleh para peneliti dalam laporannya, Kami menemukan bahwa faktor gaya hidup, seperti menonton TV, merokok, asupan makanan keju dan buah segar, serta perilaku dan kinerja, seperti penggunaan obat-obatan antihipertensi dan NSAID, kinerja kognitif, dan usia menarche, masing-masing memediasi 1,82 persen hingga 9,54 persen dari total efek spektrum kesejahteraan terhadap kesehatan penuaan. Temuan ini memberikan gambaran yang lebih detail mengenai pengaruh aspek-aspek tertentu dalam kehidupan sehari-hari terhadap proses penuaan seseorang.

Lebih lanjut, para peneliti juga menyoroti pentingnya kemampuan individu dalam mengelola stres sebagai faktor penentu baik buruknya proses penuaan. Hal ini memberikan gambaran bahwa selain faktor fisik dan gaya hidup, faktor psikologis juga memiliki pengaruh besar dalam menjaga kesehatan saat memasuki usia lanjut.

Studi ini menggarisbawahi pentingnya kesejahteraan mental dalam mendorong penuaan yang sehat, dan memperluas wawasan kita terkait hubungan antara kesejahteraan mental, gaya hidup, dan penuaan yang sehat.

Dalam konteks masyarakat modern, di mana tingkat stres dan tekanan hidup semakin tinggi, penekanan pada peran kesejahteraan mental dalam kesehatan umum menjadi semakin penting. Temuan ini memberikan dasar yang kuat untuk mempromosikan pola hidup sehat dengan mempertimbangkan aspek-aspek psikologis sebagai bagian integral dari upaya menjaga kesehatan umum, terutama saat memasuki fase penuaan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.