Tampang

Pasar Kerja Korea Selatan dan Minat Tenaga Kerja Indonesia

10 Jul 2024 20:54 wib. 114
0 0
Pasar Kerja Korea Selatan dan Minat Tenaga Kerja Indonesia
Sumber foto: iStock

Korea Selatan telah menjadi salah satu tujuan favorit bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan popularitas industri hiburan yang berkembang pesat, terutama K-Pop, yang telah menarik minat banyak orang untuk tinggal dan bekerja di Negeri Ginseng. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar untuk penempatan PMI di Korea Selatan dengan skema G to G yang mencapai lebih dari 62 ribu orang menurut data Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Skema G to G ini merupakan penempatan PMI ke luar negeri langsung oleh pemerintah atas dasar perjanjian tertulis antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Negara tujuan penempatan.

Salah satu alasan utama yang membuat Korea Selatan menjadi pilihan yang menarik bagi calon PMI adalah gaji yang relatif tinggi. Menurut Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, para PMI yang bekerja di Korea Selatan berpotensi mendapatkan gaji dua digit yang cukup tinggi, yakni hingga mencapai Rp30 juta per bulan. Menurut laporan Badan Statistik Korea Selatan, lebih dari separuh pekerja upahan asing di Negeri Ginseng memperoleh penghasilan antara 2 juta won atau sekitar Rp23,4 juta hingga 3 juta won atau Rp35,2 juta per bulan pada tahun 2023.

Data tersebut menunjukkan bahwa PMI yang bekerja di Korea Selatan memiliki potensi untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penempatan di negara lain. Menurut jurnal Perlindungan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Migran Indonesia Pekerja di Korea Selatan: Tinjauan Probabilitas dan Kebijakan, pekerja formal asal Indonesia di Korea Selatan dapat memperoleh gaji sebesar Rp15 juta hingga Rp30 juta termasuk lembur. Pada tahun 2023, terdapat sekitar 12.580 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Korea Selatan, menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?