Tampang

Sejarah Tempe, Sajian Pedesaan yang Kini Mendunia

8 Jun 2024 20:49 wib. 36
0 0
Tempe Goreng
Sumber foto: google

Tempe yang kini populer di seluruh dunia dulunya dianggap sebagai sajian yang berasal dari pedesaan. Tempe merupakan hasil fermentasi kedelai dan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kemunculannya sangat berkaitan dengan potensi kedelai di Nusantara. Menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman, kedelai yang berlimpah dimanfaatkan oleh masyarakat dari berbagai lapisan.

Kedelai memasuki Indonesia melalui bangsa Tionghoa, namun istilah "kedelai" bukan berasal dari kosakata Tionghoa. Kata "kedelai" berasal dari bahasa Tamil, yaitu "kadalai". Pengolahan kedelai menjadi tempe melalui proses panjang agar menjadi bahan pangan tahan lama.

Sejarawan dan pengamat kuliner, Heri Priyatmoko, menunjukkan bahwa kitab Serat Centhini (1814-1823) menuliskan tempe sebagai sajian pedesaan Jawa, menunjukkan bahwa tempe sudah menjadi makanan masyarakat sejak lama.

Produk tempe juga disinggung oleh Georgius Everhardus Rumphius, seorang ahli botani Jerman yang bekerja untuk Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). Dia menyebut ada produk dari kedelai yang dibuat oleh orang Jawa khususnya di Jawa Tengah.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Anakku Ranking ke-23
0 Suka, 0 Komentar, 6 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%