Tampang

Parasomnia: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya

12 Jun 2024 16:49 wib. 36
0 0
Gangguan Tidur

Parasomnia adalah gangguan tidur yang membuat seseorang melakukan aktivitas atau perilaku yang aneh dan tidak normal saat tidur. Gangguan ini dapat terjadi pada siapa pun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Parasomnia seringkali membuat penderitanya merasa kebingungan dan tidak sedar ketika melakukan aktivitas tersebut, sehingga bisa berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas tidur.

Salah satu contoh parasomnia yang umum adalah sleepwalking atau tidur berjalan. Orang yang mengalami sleepwalking dapat bangun dari tidur dan mulai berjalan tanpa sadar. Ada juga parasomnia lain seperti night terrors (teror malam), sleep paralysis (kelumpuhan saat tidur), dan REM sleep behavior disorder (gangguan perilaku saat tahap tidur REM).

Para ahli kesehatan meyakini bahwa parasomnia disebabkan oleh gangguan pada tahapan tidur seseorang. Sebagai contoh, kelumpuhan tidur terjadi saat seseorang terjaga dari tidur tapi otak masih dalam keadaan tertidur. Gangguan tersebut dapat menyebabkan penderitanya merasa tidak mampu bergerak atau berbicara untuk sementara waktu.

Namun, apa yang menyebabkan parasomnia sebenarnya masih belum sepenuhnya dipahami. Faktor genetik, stres, kelelahan, dan konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi pemicu terjadinya parasomnia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%