Tampang

Parasomnia: Apa Itu dan Bagaimana Cara Mengatasinya

12 Jun 2024 16:49 wib. 54
0 0
Gangguan Tidur

Penting bagi seseorang yang mengalami parasomnia untuk segera mencari bantuan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menentukan pengobatan atau tindakan yang sesuai berdasarkan jenis parasomnia yang dialami. Terapi perilaku kognitif dan teknik-relaksasi seringkali direkomendasikan sebagai langkah pertama dalam mengatasi parasomnia.

Penting juga untuk menciptakan lingkungan tidur yang aman bagi penderita parasomnia. Hindari barang-barang berbahaya di sekitar tempat tidur, pasang pengunci di pintu jika diperlukan, dan hindari hal-hal yang dapat memicu stres sebelum tidur. Berbicara dengan anggota keluarga atau teman dekat tentang keadaan parasomnia yang dialami juga dapat membantu dalam menciptakan lingkungan tidur yang aman.

Penderita parasomnia juga disarankan untuk merencanakan jadwal tidur yang konsisten dan menjaga kebersihan tidur. Hindari makan malam berat atau minuman berkafein menjelang tidur, dan pastikan kamar tidur nyaman dan tenang.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk membantu mengendalikan parasomnia. Namun, penggunaan obat-obatan harus diawasi dengan ketat untuk menghindari ketergantungan atau efek samping yang tidak diinginkan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%