Tampang

Cara Cepat dan Mudah Belajar Membaca Al Quran

24 Apr 2022 19:45 wib. 817
0 0
Cara Cepat dan Mudah Belajar Membaca Al Quran

Jadi untuk menerapkan cara cepat belajar membaca Alquran ini, kamu perlu terlebih dahulu mengenal huruf hijaiyah yang berjumlah 29 huruf ini. Semua huruf ini wajib dihafal jika ingin bisa membaca alquran. Ada yang pengucapannya seperti huruf latin, ada juga yang berbeda, seperti tsa, kha, dzal, dan sebagainya. Selain mengenal bentuk-bentuk huruf hijaiyah secara satu persatu, kamu juga harus mengetahui bagaimana huruf tersebut jika disambung dengan huruf lain. Dalam belajar pengucapan huruf hijaiyah, kamu harus mengetahui makhraj-nya, yaitu merupakan tempat keluarnya huruf.

  • Memahami Tanda Baca (Harakat)

Cara cepat berlajar membaca Al quran kedua setelah mempelajari huruf hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat di dalam Al quran. Tanda baca (harakat) ini berfungsi untuk menentukan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah di dalam Alquran.

Sebagai contoh, jika dalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O sebagai huruf vokal, maka di bahasa Arab ada harakat. Berbagai tanda baca seperti Fathah, Kasrah, Dammah, Tasydid, dan Sukun wajib kamu pahami. Kamu bisa mempelajarinya secara lebih mendalam dengan membaca buku atau belajar secara langsung dengan ustaz atau guru mengaji.

  • Memahami Tajwid

Cara cepat belajar membaca Al quran selanjutnya ialah dengan memahami tajwid Alquran. Ilmu tajwid Al quran ini adalah ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Al quran secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, samar-samar atau jelas.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?